Friday, 1 March 2019

CARA MENGATASI ERROR INSTALASI DAPODIK 2019C

    Salam Pendidikan, 

    Sampai jumpa lagi pengunjung setia blog saya. Pada kesempatan ini saya akan berbagi pengalaman kepada anda yang bekerja sebagai operator sekolah. Khususnya pada saat ini yang akan mengerjakan pendataan pendidikan dengan menggunakan aplikasi Dapodik versi 2019.c yang sudah dirilis pada tanggal 25 Februari 2019. Sudah menjadi tugas dab taggungjawab kita sebagai operator sekolah untuk melakukan serangkai kegitan berkaitan dengan aplikasi tersebut.

    Kegiatan yang dilakukan oleh operator sekolah dalam rangka persiapan antara lain mengunduh instaler aplikasi Dapodik 2019.c dan prefill aplikasinya. Setelah aplikasi dan prefill aplikasi terunduh maka langkah selanjutnya adalah melakukan instalasi aplikasi Dapodik 2019.c.

    Saya buka file hasil unduhan instaler aplikasi dapodik 2019.c selanjutnya saya lalukan instalasi sesuai dengan buku panduan aplikasi ini. Proses instalasi berjalan dengan normal seperti biasanya sebagaimana aplikasi-aplikasi dapodik sebelumnya, namun sebelum instalasi selesai keluarlah pesan error yang muncul seperti gambar dibawah ini. 



    cara mengatasi error instalasi dapodik 2019c
    gambar tampilan error 

    Timbul rasa aneh pada saat melihat tampilan error tersebut, adakah yang salah dengan ini semua. Yang bermasalah aplikasi yang saya unduh ataukah laptop saya kebetulan saya laptop dengan OS Windows 7 64 bit. Mulailah saya melakukan evaluasi diri, dengan cara mencari pokok permasalahan error ini, saya cek ukuran file instalernya ternyata sudah sesuai dengan ukuran file aslinya. Berdasarkan ukuran file ternyata tidak bermasalah, kemungkinan kedua adalah ada pada laptop saya yang tidak support dengan aplikasi tersebut.

    Ternyata berdasarkan hasil saya berselancar di internet dan beberapa group Facebook dan Whatsapp Group, hampir sebagian pengguna OS Windows 7 bermasalah pada proses instalasi Dapodik 2019.c. Aplikasi berhasil diinstalkan namun tidak bisa dijalankan ke prose selanjutnya dengan tampilan seperti gambar di bawah ini.


    cara mengatasi error instalasi dapodik 2019c

    Gambar situs ini tidak terjangkau 

    Kemudian saya baca satu persatu dari komentar-komentar digroup tersebut ada yang memberikan solusi bagi pengguna windows 7 32 bit dan 64 bit. Saya ikuti saran-saran yang rekan-rekan berikan untuk mengatasi masalah tersebut. Kurang lebih secara garis besar saya gambarkan dalam narasi dibawah ini langkah-langkahnya:

  1. Silahkan anda uninstal aplikasi yang ada hubungan dengan aplikasi Dapodik. 
  2. Selanjutnya silahkan anda unduh dan instal service pack 1 windows 7 pada link ini
  3. :http://download.microsoft.com/download/0/A/F/0AFB5316-3062-494A-AB78-7FB0D4461357/windows6.1-KB976932-X86.exe
  4. Tunggu sampai proses unduh selesai ya pastikan ukuran filenya kurang lebih sekitar 550.718 kb.
  5. Setelah Service Pack 1/SP 1 Windows 7 terunduh selanjutnya anda instalkan aplikasi tersebut. 
  6. Langkah selanjutnya proses instalasi selesai anda lakukan restart laptop anda.
  7. Setelah laptop hidup kembali anda lakukan uninstal Aplikasi Microsoft Visual C++ 2015.
  8. Kemudian anda unduh Download & Instal Microsoft Visual C++ di link : https://www.microsoft.com/en-us/download/confirmation.aspx?id=48145&6B49FDFB-8E5B-4B07-BC31-15695C5A2143=1
  9. Dilanjutkan dengan Download & Instal Update Windows 7 SP 1 di link : https://www.microsoft.com/en-us/download/details.aspx?id=49077
  10. Langkah selanjutnya proses instalasi selesai anda lakukan restart laptop anda.
  11. Anda matikan sambungan internet anda, Anti Virus, Windows Defender, hal ini bertujuan agar instalasi berjalan dengan lancar.
  12. Lakukan instalasi Dapodik Versi 2019.c anda.
  13. Tunggu sampai proses instalasi selesai.
  14. Selamat mencoba ya dan semoga anda berhasil.
Sekedar saran buat rekan-rekan semua, bahwa penyelesaian masalah harus anda kenali pokok atau sumber masalah. Hal ini bertujuan agar solusi yang anda lakukan akan berhasil memecahkan permasalahan dengan sempurna. Lakukan update perangkat yang ada pada laptop anda agar pekerjaan kita sebagai operator sekolah bisa lebih cepat selesai jika alat yang digunakan mumpuni.

Tidak ada salahnya anda juga bisa mengajukan pembelian latop yang baru. Berdasarkan juknis bantuan operasional sekolah nomor 3 tahun 2019 dan panduan aplikasi dapodik 2019.c tentang standar minimum yang harus dipenuhi  dengan spesifikasi sebagai berikut:

  1. Processor Intel Core i3 atau yang setara;
  2. Memori I RAM standar 4 GB;
  3. Aplikasi terpasang peramban Web Google Chrome,  Mozilla Firefox.
  4. Sistem Operasi Windows 10;
  5. Hard Drive  120 GB SSD/500 GB HDD;
Mudah-mudahan pengajuan dan harapan anda untuk memiliki perangkat Laptop yang baru sesuai dengan spesifikasi yang telah ditetapkan segera terwujud. Sebagai perumpamaan seorang pembalap tidak akan sulit menjadi yang terdepan di dalam sirkuit jika hanya mengendari kendaraan yang usang dan ketinggalan zaman. Sebalik akan diatas kertas ada kemungkinan menjadi juara jika menggunakan kendaraan terbaru disertai dengan teknologi terbaru.

Demikian artikel yang bisa saya bagikan pada kesempatan kali ini, semoga mendatangkan manfaat bagi kita semua. Sampai jumpa dengan artikel selanjutnya. sampai jumpa dengan artikel saya selanjutnya.


11 comments:

RINTO KUSMIRAN said...

semoga bermanfaat

Dwi Ati said...

Sangat bermanfaat buat kami para ops pak...
Terima kasih sudah berbagi ilmu dengan kami (ops)

RINTO KUSMIRAN said...

sama sama mbak

Kurniawan said...

Ganti laptop lebih mudah,,😅
InsyaAllah bos baru laptop baru

Admin said...

Ilmu yang sangat bermanfaat untuk dilewatkan oleh operator sekolah, semoga tambah sukses pak. Jika ada yang gagal sinkronisasi dapodik versi 2019.c silakan baca Cara mengatasi gagal sinkron dapodik versi 2019 c

Unknown said...

Yang menarik sekalugus berkesan bagi saya adalah cara dan pola berpikir menyesaikan suatu masalah bila ditemukan. Dan ini sungguh amat baik bukan saja kapasitas sebagai operator dapodik tetapi juga sebagai manusia di seantero kehidupan di bumi ini. Mulailah menyelesaikansuautu masalah dari apa yang ada dan bukan dari apa yang tidak ada untuk diadakan. Bagi saya inspiratif banget saya melihatnya

RINTO KUSMIRAN said...

terima kasih atas atas komentarnya yang bersifat membangun

Operator SDN 4 Kasmaran said...

Semoga bermanfaat dan membantu rekan ops yg lainnya, semoga sukses selalu membantu perkembangan blog nya, oya jika ada rekan-rekan OPS yg mengalami kesulitan window rekan silahkan kunjungi WINDOWS 7,8,10

RINTO KUSMIRAN said...

terimakasih masbrow

Unknown said...

ok

sugiyono said...

sangat bermanfaat sobat