Wednesday, 1 May 2019

Buku Agenda Kegiatan Ramadhan 1441 H

Salam Pendidikan,


Selamat bertemu kembali dengan saya admin blog ini, apa kabar pengunjung setia. Jika pada artikel sebelumnya saya telah mengulas program kerja pesantren kilat 2020 / 1441 H bisa anda baca di sini. Setelah anda sudah membuat program kerja kegiatan pesantren kilat untuk melengkapi kegiatan tersebut tidak ada salahnya kalau dibagikan buku agenda kegiatan siswa pada bulan ramadhan 1441 H. 
Gambar Buku Agenda Kegiatan Ramadhan 1441 H


Buku Agenda kegiatan Ramdhan 1441 hijriyah ini dapat membantu peserta didik khususnya sekolah dasar dan sekolah menengah pertama untuk menuliskan kegiatan-kegiatan ibadah yang telah dilakukan setiap harinya. Buku agenda ini dapat dimanfaatkan oleh pendidik yang mengajar mata pelajaran agama Islam guna menambah nilai siswa.

Secara umum gambaran buku agenda kegiatan siswa di bulan Ramadhan ini berisi hal-hal sebagai berikut:
  1. Sampul depan berisi identitas siswa, sekolah dan kelas yang didudukinya;
  2. Pengertian, syarat dan rukun puasa, (apa puasa itu?, hukum puasa, syarat wajib puasa, rukun puasa, syarat sah puasa, sunah berpuasa, perkara makruh ketika berpuasa, hal yang membatalkan puasa, hari yang disunatkan berpuasa, hari yang diharamkan berpuasa,);
  3. Sholat Idhul Fitri;
  4. Ringkasan ceramah Ramadhan 1441 Hijriyah;
  5. Do'a sehari-hari;
  6. Evaluasi kegiatan harian siswa meliputi ( Sahur, ibadah sholat 5 waktu, sholat sunah, sholat Tarawih, tadarus, infaq dan lain-lain);
  7. Hafalan surat-surat pendek;
  8. Renungan Diri.
  9. Catatan ( bisa diisi kunjungan pada hari raya Idhul Fitri 1441 Hijriyah kepada saudara, guru, ustad dan tokoh agama setempat).
Berdasarkan gambaran di atas bahwa hampir seluruh kegiatan dibulan suci ramadhan yang dilakukan oleh peserta didik dapat terangkum dalam buku agenda kegiatan ramadhan 1441 Hijriyah. 

Dalam hal ini akan membiasakan adik-adik yang belajar berpuasa untuk berperilaku jujur terhadap diri sendiri. Keadaan ini secara tidak langsung dapat membentuk karakter peserta didik yang berkaitan dengan sikap kejujuran. Sebagaimana amanah pembelajaran pada kurikulum 2013 yang menekankan adanya karakter yang baik pada peserta didik.

Selain itu orangtua peserta didik juga mempunyai peran penting dalam membimbing putra-putrinya  di rumah berkaitan dengan kegiatan yang dilakukan oleh anaknya. Mulai dari ibadah sholat 5 waktu, puasa, sedekah/infaq dll.

Bagi anda yang memerlukan buku agenda kegiatan siswa pada bulan ramadhan dapat anda unduh disini

Semoga artikel yang saya bagikan ini berguna bagi kita semua, sehingga dapat membantu peserta didik untuk lebih khusuk dalam menjalankan ibadah puasa pada tahun ini. Sehingga dapat meningkatkan keimanan kita kepada Allah SWT. Semoga seluruh amalan ibadah pada bulan penuh berkah ini dapat diterima oleh Allah SWT. 

Sampai jumpa dengan artikel saya selanjutnya, jika artikel ini berguna dapat anda bagikan ke akun sosial media yang anda miliki.

5 comments:

RINTO KUSMIRAN said...

semoga bermanfaat bagi kita semua

AQUATIC Fishing ART said...

bulan yang penuh barokah
www.essenaquatic.com

RINTO KUSMIRAN said...

terima kasih agan

Alfian Noor Arnaim said...

Sangat bermanfaat,,,

RINTO KUSMIRAN said...

terima kasih mas