Saturday, 4 May 2019

STRATEGI OPERASI HITUNG BILANGAN

Salam Pendidikan,

Sobat pengunjung blog yang berbahagia. Pada kesempatan ini saya akan mengulas sebuah artikel dengan tema Strategi operasi hitung bilangan. Strategi yang tepat akan meningkatkan hasil belajar siswa. 
strategi operasi hitung bilangan
 gambar strategi operasi hitung bilangan

Sistem Desimal adalah sistem operasi bilangan yang dipakai dalam dunia pendidikan. Baik dalam penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Operasi hitung bilangan menjadi alat dalam memahami berbagai persoalan matematika.

Dengan kata lain target operasi bilangan bukan lagi bisa atau tidak bisa, mudah atau sulit tetapi cepat atau lambat dapat dijadikan tolok ukurnya. Mengapa demikian?. Untuk bisa melakukan operasi bilangan dengan mudan dan cepat harus menguasai konsep operasi bilangan sistem desimal dengan baik dan benar.

Operasi bilangan sistem desimal pada sistem operasinya dilakukan sesuai dengan nilai tempat masing-masing. Inilah yang menjadi dasar pijakan dan rahasia kenapa anak pertama kali belajar matematika harus bisa membaca lambang bilangan dengan benar minimal sampai 3 digit angka, dan melakukan operasi bilangan sampai 3 angka digit juga. 

Sesuai dengan kurikulum nasional dijelaskan bahwa proses belajar hitung mulai dari operasi hitung satu angka, kemudian dua angka dan seterusnya tiga angka.

Lambang bilangan "234" dibaca dua ratus tiga puluh empat artinya dua ratus dan tiga puluh dan empat maka ditulis 234 = 200 + 30 + 4. Bila kita pahami dengan baik maka "234" terdiri dari "tiga angka" yang masing-masing mempunya nilai sendiri-sendiri berdasarkan letak atau tempatnya. Biasanya disebut 2 ratusan 3 puluhan 4 satuan.

Kemampuan memahami nilai bilangan menjadi kunci pokok penentu operasi bilangan itu menjadi mudah atau sulit. Perhatikan gambar di bawah ini:
gambar soal
gambar soal 
  1. Soal 1 adalah penjumlahan 1 angka 3 + 2  disatuan.
  2. Soal 2 adalah penjumlahan 2 angka meliputi  3 + 2  dipuluhan dan 3 + 2  disatuan.
  3. Soal 1 adalah penjumlahan 3 angka meliputi 3 + 2  diratusan 3 + 2  di puluhan dan 3 + 2  disatuan

 Apabila operasi hitung dipahami sebagai operasi hitung penjumlahan satu angka kemudian dua angka dan tiga angka maka operasi hitung penjumlahan tidaklah bertambah sulit bahkan semakin mudah sebab anak semakin terampil melakukan penjumlahan 3 + 2 = 5. 

Apabila pemisah nilai, kita sebut dengan kata "Dan" pada bahasa belajar dan mengajar maka bisa disebut kemampuan memahami nilai tempat indikatornya muncul kata " Dan" pada operasi hitung bilangan banyak digit.

Munculnya kata " Dan" pada pemisah nilai bilangan adalah indikator tentang nilai tempat operasi bilangan sistem desimal.
gambar operasi hitung perkalian
gambar operasi hitung perkalian

  1. soal pertama adalah perkalian 1 angka 3 X 2 di satuan
  2. Soal kedua adalah perkalian 2 angka meliputi 2 x 2 di satuan , 3 x 2 dipuluhan
  3. Soal ketiga perkalian 3 angka meliputi 1 x 2 di satuan, 2 x 2 di puluhan dan 3 x 2 di ratusan
gambar operasi hitung pembangian
  1. Pembagian 1 angka
  2. Pembagian 2 angka meliputi 9 : 3 di puluhan dan 6 : 3 di satuan
  3. Pembangian 3 angka meliputi 9 : 3 di ratusan, 6 : 3 di puluhan dan 3 : 3 di satuan
Dari pemahaman secara umum operasi bilangan sudah sewajarnya tidak semakin sulit bila nilainya semakin besar, justru semakin mudah. Jika kita pahami operasinya dilakukan berdasarkan nilai tempat masing-masing.

Semoga artikel saya ulas pada kesempatan ini dapat  menambah pengetahuan anda berkaitan dengan operasi hitung bilangan. sampai jumpa dengan artikel saya selanjutnya

2 comments: