Wednesday, 19 June 2019

TIPS SUKSES UJIAN SELEKSI CPNS DAN PPPK

Tips sukses ujian Seleksi CPNS dan PPPK, Menjadi PNS  danPPPK merupakan impian sukses banyak orang terbukti ribuan orang rela bersaing padahal jumlah kuota formasi terbatas atau dengan kata lain dapat dihitung dengan jari. 
Tips sukses ujian Seleksi CPNS dan PPPK
Tips sukses ujian Seleksi CPNS dan PPPK

Semua warga negara Indonesia mempunyai hak yang sama untuk UKT mewujudkan mimpi menjadi CPNS dan PPPK. Tips sukses seleksi CPNS dan PPPK pada intinya adalah bagaimana kita mempersiapkan diri dalam menghadapi persaingan Pada tahapan seleksi. Dan apa yang mesti dilakukan untuk mewujudkan cita-cita menjadi CPNS dan  PPPK.


Kegigihan, keuletan, dan tekad yang membara untuk mencapai tujuan hidup anda. Inilah yang akan membuka rintangan yang kita hadapi Jadi jika kekalahan demi kekalahan berusaha menjatuhkan anda dan kesuksesan nampaknya makin mustahil maka ingatlah pernyataan di atas bahwa "tidak ada yang bisa menggantikan kegigihan dan keuletan anda" dengan kata lain sukses membutuhkan latihan, disiplin, dan kerja keras.


Untuk mewujudkan cita-cita anda menjadi PNS dan PPPK akan saya ulas beberapa tips sukses ujian seleksi CPNS dan PPPK adalah sebagai berikut :

1. Jangan belajar mendadak

Belajar mendadak atau sering kita kenal dengan istilah sistem kebut semalam (SKS) adalah cara belajar yang kurang baik sebagai langkah persiapan idealnya dilakukan dalam waktu 4 sampai 7 bulan sebelum ujian seleksi CPNS dan PPPK tujuan kita belajar adalah bagaimana kita mendapatkan pemahaman yang sempurna untuk pemahaman lebih sempurna tentunya membutuhkan waktu.

2. Ciptakan waktu belajar 

Para pelamar CPNS adalah putra-putri terbaik bangsa yang dengan memiliki kemampuan yang luar biasa dengan kondisi fresh graduate,  ada yang sudah bekerja, berangkat pagi pulang malam ada pula yang sudah lulus 3 tahun dan bahkan ada juga yang masih  belum bekerja.

Bagi anda yang sudah bekerja dan berniat ikut mendaftar CPNS dan PPPK pada waktu belajar menjadi masalah tersendiri. Bagaimana menyikapi hal ini Jika anda punya niat yang kuat untuk sukses CPNS dan pppk maka anda perlu menyisihkan waktu sehari 1 jam misalnya khusus untuk kegiatan belajar.

Waktu yang paling bagus adalah 1 jam di pagi hari setelah anda melakukan kegiatan ibadah salat Subuh pada kondisi ini badan kita masih sangat fresh baru bangun tidur koma dan tentunya sangat bertenaga titik jika menunggu waktu luang maka dapat saya pastikan anda tidak akan pernah punya waktu untuk belajar untuk belajar harus diciptakan harus dituangkan dan semuanya tergantung dari niat anda.

3.Membuat target mingguan

Fokuslah pada materi yang sudah anda pelajari bahwa  dalam CAT CPNS Kita tahu bersama materi  dapat dikelompokkan menjadi tiga kelompok soal diantaranya TKP, TIU dan TWK. Dari masing-masing kelompok tentunya berisi materi yang spesifik adalah TWK materi secara materi perundang-undangan, materi wawasan kebangsaan, Pancasila.  TIU materi ada sinonim, antonim, matematika ,penalaran.

Dari semua materi yang harus dipelajari secara detail maka anda perlu melakukan pemetaan dilanjutkan dengan membuat jadwal target belajar atur sedemikian rupa apa saja yang harus dipelajari.  Misalnya bila hari ini anda menghafal UUD 1945, maka minggu besok anda bisa belajar tentang Pancasila dan seterusnya.

4. Membuat rangkuman harian

Rangkuman harian bertujuan untuk mengambil hal-hal pokok dari materi yang sudah anda pelajari.  Cara ini sangat bermanfaat dalam kegiatan belajar bisa dibilang ini lebih simpel sehingga memberikan manfaat lebih cepat menghafalnya. Misalnya kita akan menambah perbendaharaan kata maka kita bisa membuat rangkuman berupa catatan kecil berisi  kosakata yang bisa kita bawa ke mana-mana. Misalnya kita akan  menghafalkan sejarah kita cukup menuliskannya pada kertas kecil lalu membacanya kapan saja di mana saja pada saat ada kesempatan.

5. Menggunakan aplikasi tes CPNS/PPPK 


Dewasa ini perkembangan ponsel pintar sangat berkembang dengan pesat. Keadaan ini dapat anda manfaatkan untuk menunjang kemampuan anda dalam berlatih soal CPNS dengan menggunakan aplikasi yang kompitible dengan android anda. Anda bisa membuka play store kemudian silahkan anda pada pencarian dengan kata kunci "CPNS" nanti akan muncul berberapa aplikasi antara lain:



1. Soal CPNS 2020 ( CPNS dan PPPK).

2. Bank Soal 2019 Tes CPNS dan PPPK

3. CAT CPNS Terbaru 2019.

4. Simulasi CAT CPNS 2019

5. Dan lain sebagainya.

Kemudian silahkan anda pilih sesuai dengan kebutuhan anda. Unduh kemudian silahakan anda instalkan. Jika sudah diinstalkan silahkan anda buka aplikasinya sudah dapat digunakan.

Anda juga jangan lupa belajar menggunakan software Aplikasi CAT dengan PC atau Laptop, hal ini bertujuan agar anda terbiasa dengan perangkat ujian CAT.


6. Mengikuti bimbingan belajar

 Salah satu pilihan yang dapat anda lakukan dalam rangka dalam rangka mempersiapkan diri menghadapi ujian seleksi CPNS dan pppk adalah dengan mengikuti kegiatan bimbingan belajar khusus titiknya dengan adanya kegiatan bimbingan belajar kita dapat memantapkan materi yang telah kita pelajari atau dengan kata lain kita tidak memahami.

Anda juga bisa membuat grup WhatsApp Messenger Facebook Facebook telegram dimana didalam nya terdapat beberapa orang yang sesama mengikuti seleksi CPNS dan PPPK harapannya dengan adanya forum ini bagi anda yang mengalami kesulitan tidak memahami materi bisa saling memberikan solusi terhadap persoalan-persoalan yang berkaitan dengan soal ujian seleksi CPNS dan pppk disamping itu juga dapat menjalin silaturahmi sesama peserta seleksi CPNS dan PPPK

7 Pengalaman adalah guru yang terbaik

 Hal tersebut sesuai dengan kata-kata jika anda pernah mengerjakan hal yang sama maka biasanya perintah pengerjaannya pun sama dan tidak jarang trik yang digunakan pun sama artinya anda sudah menang 1 langkah anda tidak perlu lagi payah payah memahami cara pengerjaannya dan andapun akan bisa mengerjakan dengan lebih cepat.

8. Tes intelegensi umum

tes ini terdiri dari kemampuan verbal numerik berpikir logis kemampuan berpikir analisis pada bagian ini anda cukup Mempelajari matematika dasar rumus-rumus yang pernah anda pelajari di SD dan SMP selebihnya Anda silakan berlatih soal cerita soal penalaran logis analitis anda harus banyak berlatih agar bisa mengidentifikasi kesimpulan secara cepat dan tepat

9.Tes wawasan kebangsaan 

TWK tes ini untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nilai-nilai empat pilar kebangsaan yaitu meliputi Pancasila,UUD 1945,Bhinneka Tunggal Ika,dan NKRI banyak peserta yang gagal pada bagian ini karena materi yang harus dipelajari sangat banyak dan bersifat hafalan semua untuk itu berdasarkan materi ini jauh-jauh hari

10. Tes karakteristik pribadi

TKP tes ini menguji kemampuan berkaitan dengan masalah karakteristik sifat-sifat dasar atau kepribadian seseorang atau dikenal dengan nama psikotes dalam menjawab soal ini anda harus berhati-hati jangan sampai terjebak bisa gan kalau anda sedang naik motor dan mendapati orang tua hendak menyeberang jalan apa yang dilakukan bagi jawaban yang mengatakan akan berhenti dan menuntun orang tua menyeberang jalan tentu nilainya lebih tinggi daripada yang cukup menyengat nyetop motor dan membiarkan orang tua menyeberang sendiri artinya Pilihlah jawaban yang mempunyai nilai tertinggi


11 Persiapkan Psikologi anda.

Tidak kalah petingnya adalah persiapan psikologi anda dalam menghadapi ujian seleksi CPNS dan PPPK mengapa demikian?. Psikologi adalah merupakan kesiapan mental kita dalam menghadapi ujian. Pastikan secara psikologi anda dalam keadaan stabil. Sehingga semua materi yang anda pelajari akan dengan mudah mengidentifkasi soal keadaan ini membuat anda lebih konsentrasi. Sehingga jawaban anda memang pilihan jawaban yang benar. Hindari kondisi stres ya karena hal ini akan membuat anda tertekan dan akan berpengaruh kurang baik terhadap hasil uian anda. Jadi anda harus benar-benar santai dan fresh.

12 Do'a Orang yang Tersayang

Sebelum anda berangkat ujian seleksi CPNS dan PPPK saya anjurkan minta dido'akan oleh orang-orang yang kita sayangi. Dalam hal ini adalah orantua kita bila masih ada, suami/istri jika anda sudah berkeluarga. Khusus untuk anda biasanya panita akan membimbing berdo'a bersama sebelum memulai ujian. 


13. Ikuti Petunjuk Panitian Pelaksana

Pada saat Pelaksanaan ujian seleksi CPNS dan PPPK sebagai peserta anda wajib mentaati semua peraturan yang dibuat oleh PANPEL. Jangan anda lakukan larangan yang tidak boleh dilakukan oleh peserta. Gunakan waktu dengan sebaik-baiknya, silahkan anda kerjakan terlebih dahulu soal-soal yang anda anggap mudah. 

Semoga setelah anda membaca artikel ini membawa dampak positif sebagai upaya dalam mewujudkan impian anda untuk mengabdi pada bangsa ini dengan mengikuti Seleksi CPNS dan PPPK. Saya Do'akan semoga anda berhasil, selamat berjuang. Sampai jumpa dnegan artikel saya selanjutnya. Jika ini bermanfaat silahkan anda bagikan ke media sosial yang anda miliki atau berikan komentar yang bersifat membangun.

No comments: