Sunday, 2 February 2020

CARA UNDUH VIDEO PEMBELAJARAN DI PORTAL RUMAH BELAJAR

Portal pembelajaran yang menyediakan bahan belajar serta fasilitas komunikasi yang mendukung interaksi antar komunitas. Rumah Belajar hadir sebagai bentuk inovasi pembelajaran di era industri 4.0 yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sederajat. Dengan menggunakan Rumah Belajar, kita dapat belajar di mana saja, kapan saja dengan siapa saja. Seluruh konten yang ada di Rumah Belajar dapat diakses dan dimanfaatkan secara gratis.
CARA UNDUH VIDEO PEMBELAJARAN DI PORTAL RUMAH BELAJAR
CARA UNDUH VIDEO PEMBELAJARAN DI PORTAL RUMAH BELAJAR

Jumlah pengguna portal rumah belajar per tanggal 02 Februari 2020 sebanyak 791009 pengguna. Dengan rincian jumlah pengguna  228.763 guru dan 562.346 siswa. Harapan saya setelah menulis artikel ini akan semakin banyak pengguna paling tidak sampai 1 juta pengguna lebih.
INFO LAINNYA RUMAH BELAJAR
Program sosialisasi yang dilakukan oleh duta rumah belajar yang tersebar diseluruh Indonesia adalah langkah konkrit yang dilakukan oleh pusdatin dalam rangka menularkan virus rumah belajar. Fitur-fitur yang ada pada portal rumah belajar juga semakin elegan dengan tampilan barunya.

Rumah belajar dapat dimanfaatkan oleh pengguna baik itu guru, siswa bahkan orang tua peserta didik dalam membantu kegiatan pembelajaran baik di sekolah maupun di rumah.

Lalu bagaimana cara mengunduh video pembelajaran di portal rumah belajar?. Pada artikel saya kali ini akan mengupas tuntas cara unduh video pembelajaran di portal rumah belajar. 

Untuk dapat mengunduh anda diharapakan memiliki akun. Guna memudah pengguna portal rumah belajar terdapat 3 jenis akun yang dapat digunakan. 3 akun tersebut meliputi : a. Akun Google (gmail); b. Akun rumah belajar; c. Akun Facebook. Pastikan anda memiliki salah satu dari akun tersebut. Lakukan langkah-langkah berikut ini untuk mengunduh video pembelajaran di portal rumah belajar.
  1. Sambungkan perangkat anda (PC/laptop, Hp android, tablet) dengan koneksi internet.
  2. Silahkan anda akses alamat portal rumah belajar di https://belajar.kemdikbud.go.id/
  3. Lalu anda akan di bawa ke beranda portal rumah belajar dengan menu utama berupa : a. beranda; b. tentang; c. fitur utama; d. testimoni; e. partner; f. bantuan; g. login.
  4. Silahkan anda klik login
  5. Selanjutnya anda akan dialihkan ke alamat url:https://is4.belajar.kemdikbud.go.id/Account/Login
  6. Terdapat 3 pilihan masuk dengan akun yaitu: Google, Rumah Belajar, Facebook.
  7. Saya akan menggunakan akun google untuk login, namun anda silahkan pilih mana akun yang anda miliki.
  8. Masukkan alamat akun google anda (Gmail)
  9. Selanjutnya silahkan anda masukkan kata sandi akun google anda.
  10. Tunggu sampai proses directing link selesai 
  11. anda sudah masuk pada beranda https://sumber.belajar.kemdikbud.go.id/.
  12. Silahkan anda cari video yang anda inginkan dengan cara klik fitur kaca pembesar
  13. Fitur kaca pembesar berfungsi mencari konten, Misalkan saya masukkan kata " Cuaca"
  14. Maka akan muncul video dengan judul "Perubahan Cuaca dan Pengaruhnya" Karya Bapak Haerudin, S.Pd. Gr. Seorang guru dari SDN 71 Parepare.
  15. Anda bisa memberikan "Suka" dengan mengklik tanda jempol, Mengunduh/mendownload dengan cara mengklik tanda download, serta anda juga bisa membagikan/share video tersebut. 
  16. Sebagai bentuk terima kasih kepada beliau anda juga bisa memberikan komentar pada kolom komentar.
Guna memudahkan anda bisa menyimak video di bawah ini


Semoga artikel cara mengunduh video pembelajaran di portal rumah belajar dapat membantu anda dalam pembelajaran. Selamat belajar ya. "Belajar dimana saja, kapan saja, dengan siapa saja.

2 comments:

Alfian Noor Arnaim said...

Solusi gagal.login pakai email gmn om?

RINTO KUSMIRAN said...

apakah akunya sama dengan akun rumah belajar ya