Monday, 18 May 2020

MPLS TAHUN PELAJARAN 2020/2021 SECARA ONLINE

Sebentar lagi peserta didik baru pada satuan pendidikan memasuki Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Tahun Pelajaran 2020/2021. Ide ini mungkin belum terpikirkan oleh kita semua. Apakah mungkin bisa dilakukan MPLS peserta didik baru secara online. Bagaiman dengan persiapan panitia PPDB bila melakukan kegiatan MPLS secara online. 
MPLS TAHUN PELAJARAN 2020/2021 SECARA ONLINE
MPLS TAHUN PELAJARAN 2020/2021 SECARA ONLINE 


Dari sejumlah pertanyaan di atas  membuat admin ingin memuatnya dalam  artikel ini untuk menguraikannya menjadi sebuah jawaban. "Tidak ada kejadian tanpa sebab" mungkin ungkapan ini sangatlah cocok. 

Padami Covid-19 membuat segala aktifitas pembelajaran dilakukan dari rumah. Hal yang sama terjadi pada aspek kehidupan manusia lainnya meliputi : Belajar, bekerja sebagai upaya pencegahan penyebaran virus covid-19 dengan tujuan untuk memutus rantai penyebarannya.

Sebagian besar kegiatan dari rumah memanfaatkan media telekomunikasi berupa alat komunikasi dengan mengusung konsep Daring (dalam Jaringan). Kegiatan daring memerlukan koneksi jaringan berupa internet. Internet akan menghubungkan pengguna yang satu dengan yang lain.

Sebelum melalui tahapan MPLS biasanya satuan pendidikan terlebih dahulu melakukan tahapan penerimaan peserta didik baru. Bila pada tahun lahu masih mengggunakan cara offline maka tahun ini sebagaian besar menggunakan metode online dalam proses pendaftaran dan melengkapi administrasinya.

Penyampaikan pengumuman dan penerimaan peserta didik barupun dilakukan secara online dengan cara bermacam-macam. Diantaranya menggunakan jejaring sosila mulai dari Facebook, Whatsapp group, Instagram, Twitter, Blog bahkan website resmi satuan pendidikan.

MPLS menjadi bagian terpenting dari satuan pendidikan dalam rangka memberika informasi penting berkaitan dengan lingkungan tempat belajar yang akan digunakan oleh peserta didik.

Informasi penting apa saja yang perlu diketahui oleh peserta didik pada satuan pendidikan tersebut antara lain:
  1. Sejarah Sekolah
  2. Gedung sekolah
  3. Ruang Kelas
  4. Lapangan olahraga
  5. Ruang komputer
  6. Ruang Guru
  7. Ruang Kepala Sekolah
  8. Ruang Wakil Kepala Sekolah
  9. Ruang Bimbingan dan Konseling
  10. Ruang WC
  11. Ruang Bermain/Taman Bermain
  12. Ruang/Aula tempat berkreasi
  13. Ruang Ibadah
  14. Ruang UKS
  15. Ruang OSIS
  16. Ruang Pramuka/sanggar pramuka
  17. Ruang perpustakaan
  18. Ruang Alumni
  19. Ruang Komite Sekolah 
  20. Jenis Ekstrakurikuler yang ada pada sekolah tersebut
  21. Tempat parkir
  22. Sanitasi air
  23. Instalasi Listrik
  24. Jaringan internet
  25. Prestasi yang pernah diraih oleh Guru, Siswa dan kepala sekolah pada sekolah tersebut baik yang bersifat akademis maupun nonakademis.
  26. Jumlah Pendidik (Guru) dan Tenaga Kependidikan (Sopir, satpam, pustakawan, laboran, kepala bengkel, Operator sekolah dan lain-lain)
  27. Guru  beserta mata pelajaran yang diajarkan.

Dengan adanya kegiatan pengenalan lingkungan sekolah maka siswa akan betah dalam menuntut ilmu disekolah.

Perlu usaha yang keras untuk mengemas beberapa informasi berkaitan dengan lingkungan sekolah di atas sehingga menjadi terobosan baru dalam melakukan MPLS Mode Online.

Berikut ini adalah beberapa alternatif Mode MPLS tahun 2020/2021 secara online dengan menggunakan beberapa aplikasi: 

1. Video Conference
Panitia pelaksana/mentor/pemateri/widyaiswara kegiatan MPLS PPDB  bisa menggunakan aplikasi video coference untuk berkomunikasi dengan peserta didik. Aplikasi yang dapat digunakan untuk video conference antara lain:
a. ZOOM (cara penggunaannya bisa anda simak disini)
b. Webex  (cara penggunaannya bisa anda simak disini)
c. Meet Google (cara penggunaannya bisa anda simak disini)

2. VLOG 
Vlog adalah video blogging dengan cara membuat video tentang profile sekolah, dewan guru dan sarana dan sarana yang dimiliki oleh sekolah tersebut selanjutnya di bagikan link vlog tersebut kepada peserta  didik.

3. Youtube
Youtube merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh google yang berisi menampung video yang dibuat oleh kreator yang selanjutnya dapat dibagikan kepada peserta didik. selain itu youtube juga memiliki live streaming yang dapat ditonton langsung oleh peserta didik. Konten yang dibagikan untuk materi MPLS meliputi Livestreaming berupa "profile sekolah, dewan guru dan sarana dan sarana" 

4. Facebook
Facebook merupaka aplikasi sosial media yang  menyediakan fitur siaran langsung. Satuan pendidikan yang melakukan MPLS secara Online dapat memanfatkan fitur siarang langsung berupa video yang dapat ditonton langsung oleh peserta didik. Konten yang dibagikan untuk materi MPLS meliputi secara langsung  berupa siaran langsung "profile sekolah, dewan guru dan sarana dan sarana" 

Lalu diantara aplikasi online yang dapat digunakan untuk kegiatan MPLS secara online manakah yang terbaik? Menurut admin semua aplikasi adalah baik dan bagus untuk digunakan. Aplikasi yang terbaik adalah aplikasi yang paling mudah penggunaannya dan memahami cara penggunaannya.
Materi MPLS 
Semoga artikel "MPLS Tahun Pelajaran 2020/2021 Secara Online" ini menjadi salah satu referensi anda yang bertugas sebagai panitia/pemateri/mentor/widyaiswara MPLS tahun ini. 

8 comments:

Sugito kondang said...

Mantap mas guru

Unknown said...

Terima kasih semoga bermanfaat

Gatot said...

Terima kasih materi semoga bermanfaat

Unknown said...

terima kasih...materi sangat bermanfaat

Fuad said...

Mantep pk

Shostakovich said...

Terimakasih Referensinya Bang. Keep it up. Semoga MPLS tahun Ini bisa berjalan lancar walaupun Online

Unknown said...

Semoga bermanfaat...

Unknown said...

Referensi yang baik bagi sekolah untuk melaksanakan MPLS