Friday, 19 June 2020

CARA PELAPORAN ONLINE BOP PAUD MELALUI APLIKASI SIMDAK VERSI 1.0.0

RINTOKUSMIRAN.COM- Cara pelaoran online Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) melalui aplikasi SIMDAK. Satuan pendidikan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang menerima bantuan DAK Non Fisik berupa BOP PAUD wajib melakukan pelaporan secara online.
CARA PELAPORAN ONLINE BOP PAUD  MELALUI APLIKASI SIMDAK VERSI 1.0.0
CARA PELAPORAN ONLINE BOP PAUD  MELALUI APLIKASI SIMDAK VERSI 1.0.0

Berikut ini Tata Cara Input Pelaporan Penggunaan Dana bagi Satuan Pendidikan pada Aplikasi SIMDAK Versi 1.0.0 BOP PAUD di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.


Fungsi dari input pelaporan adalah untuk melaporkan penggunaan dana pada Satuan Pendidikan yang menerima dana Bantuan Operasional Penyelenggaraan atau BOP pada PAUD.

Guna memudah anda dalam memahami cara pelaporan online BOP PAUD melalui aplikasi SIMDAK versi 1.0.0 anda bisa menonton video tutorialnya di sini atau di bawah ini 


Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  • Pertama, buka aplikasi SIMDAK pada laman ini (https://app.paud-dikmas.kemdikbud.go.id/simdak, dibaca: ep dot paud strip dikmas dot kemdikbud dot go dot aidi).
  • KetikNama User dan Password (sesuai akun dapodik), lalu tekan tombol masuk.
  • Lalu klik pada BOP PAUD.
  • Pilih Penyerapan BOP (RKUD-> Rek SP) untuk melihat data penyerapan BOP ke satuan pendidikan, dan akan tampil data penyerapan BOP yang sudah diisikan oleh Admin/Operator Kabupaten. Jika ada perbedaan pada jumlah dana yang diterima, data peserta didik penerima, dan tanggal penerimaan ke rekening, segera hubungi admin/operator di kabupaten kota masing-masing.
  • Untuk menginput pelaporan, pilih Laporan Penggunaan Dana (SP), tunggu beberapa saat hingga muncul format laporan Penggunaan Dana.
  • Untuk memilih data laporan yang akan diinput, Pilih Semester, lalu tekan Cari, tunggu beberapa saat, akan muncul jumlah dana penyaluran pada kolom Penyaluran pada tabel ditampilan aplikasi.
  • Input laporan penggunaan dana tiap komponen dengan menekan tombol Edit atau ikon     , dan akan muncul tampilan seperti berikut:


  1. Untuk input penggunaan dana, Pilih Jenis Komponen.
  2.  Selanjutnya Pilih Jenis Penggunaan.
  3.  Masukan Jumlah dana penggunaan tanpa titik dan koma, lalu Simpan.
  4.  Jika berhasil tersimpan, maka akan muncul pada tampilan List Data Input.
  5.  Untuk pengisian jenis komponen dan jenis penggunaan lainnya, silakan ulangi langkah        langkah seperti diatas, dan apabila sudah semua jenis komponen dan jenis penggunaan di    input, akan muncul tampilan sesuai input pelaporan :
Pengisian/input pelaporan adalah untuk per tahap, bukan jumlah bantuan 1 (satu) tahun anggaran.
  • Setelah melakukan penginputan dari semua jenis komponen dan jenis penggunaan, pada rekap akan tampil persentase penggunaan dana dari BOP.
  • Teliti dan berhati-hatilah saat menginput penggunaan dana karena tidak terdapat menu HAPUS jika terjadi kesalahan dan kekeliruan.
  •  Apabila terjadi kesalahan input, silakan ubah nominal angka sesuai penggunaan dana
  • Apabila jenis komponen dan jenis penggunaan terinput 2 (dua) kali, maka salah satunya silakan edit nominalnya menjadi angka nol (0).
Apabila sudah selesai, untuk Keluar/logout dari Aplikasi SIMDAK BOP, silakan klik ikon pada tampilan aplikasi sebelah kanan atas, lalu pilih “keluar” untuk logout dari aplikasi.

Semoga bermanfaat, dan selamat mencoba. BOP PAUD, membantu operasional pendidikan yang fleksibel dan bertanggung jawab.

No comments: