Thursday, 27 August 2020

CARA MENDAPATKAN BANTUAN KUOTA INTERNET BAGI PESERTA DIDIK DAN CARA MENAMBAHKAN NOMOR HP PESERTA DIDIK PADA APLIKASI DAPODIK VERSI 2021

RINTOKUSMIRAN.COM- Cara mendapatkan program bantuan kuota internet dan cara menambahkan nomor HP peserta didik pada aplikasi dapodik versi 2021. Kabar gembira bagi anda orangtua peserta didik yang mengikuti pembelajaran jarak jauh mode daring karena pemerintah melalui kementerian pendidikan dan kebudaayaan telah mengeluarkan surat edaran terkaitan program bantuan kuota internet bagi peserta didik.
CARA MENDAPATKAN BATUAN KUOTA INTERNET BAGI PESERTA DIDIK DAN CARA MENAMBAHKAN NOMOR HP PESERTA DIDIK PADA APLIKASI DAPODIK VERSI 2021
CARA MENDAPATKAN BATUAN KUOTA INTERNET BAGI PESERTA DIDIK DAN CARA MENAMBAHKAN NOMOR HP PESERTA DIDIK PADA APLIKASI DAPODIK VERSI 2021
Surat edaran berkaitan dengan  program bantuan kuota internet tersebut diinformasika pada tanggal 27 Agustus 2021  dengan nomor surat  : 8202/C/PD/2020 perihal  : Program Pemberian Kuota Internet Bagi Peserta Didik.

Surat edaran berkaitan dengan  program bantuan kuota internet bagi peserta didik tersebut ditujukan kepada  Yth. 1. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi 2. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota Seluruh Indonesia 

Berikut ini adalah kutipan surat edaran Surat edaran berkaitan dengan  program bantuan kuota internet bagi peserta didik :

Berkenaan dengan implementasi SKB 4 Menteri Tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran 2020/2021 di Masa Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19), Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan memberikan bantuan kuota internet untuk memperlancar proses belajar mengajar bagi peserta didik selama masa pandemi Covid-19.

Sehubungan dengan hal tersebut, kami minta bantuan Saudara untuk mengkoordinasikan beberapa hal sebagai berikut:
  • Menugaskan kepada seluruh Kepala Satuan Pendidikan agar melengkapi Nomor Handphone untuk peserta didik yang aktif melalui aplikasi dapodik;
  • Pengisian data pada poin a harus dilakukan sebelum tanggal 31 Agustus 2020 oleh karena itu  kami mohon Saudara dapat mengawal pengisian data dimaksud dengan baik dan optimal.

Atas perhatian dan kerjasama yang baik, kami ucapkan terima kasih. 


Surat edaran berkaitan dengan program bantuan kuota internet bagi peserta didik Direktur Jenderal Jumeri, S.TP., M.Si. dengan NIP 196305101985031019, Tembusan: 1. Sekretaris Jenderal Kemendikbud 2. Sekretaris Direktorat Jenderal PAUD, Dikdas dan Dikmen 3. Kepala LPMP seluruh Indonesia 4. Kasubbag Tata Usaha Setditjen PAUD, Dikdas, dan Dikmen mendapatkan program bantuan kuota internet dan cara menambahkan nomor HP peserta didik pada aplikasi dapodik versi 2021

Lalu bagaimana caranya agar peserta didik bisa mendapatkan  program bantuan kuota internet bagi peserta didik? Untuk mendapatkan  program bantuan kuota internet bagi peserta didik peserta didik harus memiliki nomor HP yang aktif digunakan sebagai pembelajaran daring dengan arti kata nomor hp yang biasanya diisi kuota internet.

Selanjutnya nomor HP yang aktif tersebut diserahkan kepada satuan pendidikan untuk ditindaklanjuti dengan cara diinput pada aplikasi dapodik versi 2021.

Cara menambahkan nomor HP peserta didik pada aplikasi dapodik versi 2021.

Sebagai petugas pendataan operator sekolah memiliki peran yang tidak kalah pentingnya terutama kesuksesan mengentri nomor HP peserta didik pada aplikasi dapodik versi 2021. 

Lalu bagaimana cara menambahkan nomor HP peserta didik pada aplikasi dapodik versi 2021? untuk melakukan pengentrian nomor HP peserta didik silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. buka aplikasi dapodik sekolah anda dengan menggunakan user sebagai admin/ops sekolah
  2. Pilih menu peserta didik
  3. Silahkan anda cari peserta didik yang akan dientrikan nomor HPnya dapat juga menggunakan fitur search data peserta didik pada aplikasi dapodik versi 2021 tersebut.
  4. Silahkan klik nama peserta didik tersebut
  5. Selanjutnya silahkan anda klik tab "ubah" bergambar pensil dengan warna dasar Ungu
  6. Cari bagian kontak terdiri dari  ( Nomor telepon rumah, Nomor HP dan email)
  7. Silahkan anda inputkan nomor HP tersebut pada kolom "Nomor HP"
  8. Setelah nomor HP terinput silahkan anda klik "Simpan"
  9. Lakukan langkah nomor 2 - 8 untuk peserta didik lainnya.
  10. Setelah terisi nomor HP peserta didik silahkan anda sinkronkan dapodik 2021 sekolah anda.
Untuk memudahkan anda dalam melakukan pengentrian nomor HP peserta didik pada aplikasi dapodik versi 2021 silahkan anda tonton video tutorial di bawah ini.

Perlu diingat bahwa cutoff program bantuan kuota internet dan cara menambahkan nomor HP peserta didik pada aplikasi dapodik versi 2021 mengikuti cutoff dapodik pada tanggal 31 Agustus 2020. Jadi pastikan data nomor hp sudah terkirim ke server dapodik sebelum tanggal cutoffnya. 

Sebagai wawasan bagi orantua dan wali perserta didik beserta satuan pendidikan bahwa Informasi kontak pada peserta didik akan melengkapi data peserta didik pada aplikasi dapodik versi 2021. 

Perlu saya tegaskan kembali bahwa satuan pendidikan hanya mengentri data sesuai yang diajukan oleh orangtua/wali peserta didik dalam hal ini adalah nomor HP berkaitan dengan program bantuan kuota internet bagi peserta didik. Yang menentukan siapa saya yang memperoleh program bantuan kuota internet bagi peserta didik adalah kementerian pendidikan dan kebudayaa.

Demikian informasi yang saya bagikan berkaitan dengan Cara mendapatkan program bantuan kuota internet dan cara menambahkan nomor HP peserta didik pada aplikasi dapodik versi 2021 semoga memberikan manfaat bagi kita semua.




No comments: