Sunday, 9 August 2020

MATERI DAN KUNCI JAWABAN BUKU SISWA KELAS 3 SD TEMA 1 SUBTEMA 4 PEMBELAJARAN 1

RINTOKUSMIRAN.COM- Materi dan kunci jawaban buku siswa kelas 3 SD tema 1 Subtema 4 Pembelajaran 1. Pada pembelajaran 1 ini anak-anak akan mempelajari tentang pertumbuhan tanaman. 
MATERI DAN KUNCI JAWABAN BUKU SISWA KELAS 3 SD TEMA 1 SUBTEMA 4 PEMBELAJARAN 1
MATERI DAN KUNCI JAWABAN BUKU SISWA KELAS 3 SD TEMA 1 SUBTEMA 4 PEMBELAJARAN 1

Tanaman sama dengan makhluk hidup lainnya  yang mengalami pertumbuhan. Tanaman pun  memiliki daur hidup dan cara yang berbeda dalam perkembangbiakan. Ada tanaman yang mengalami perkembangbiakan secara alami. Ada  juga tanaman yang mengalami perkembangbiakan  secara buatan.

Perkembangbiakan alami dapat dengan biji atau tunas.  Selain itu dapat juga dengan umbi atau spora.   Contoh tumbuhan yang berkembangbiak alami dengan biji adalah pohon mangga, jeruk, dan semangka. 

Tanaman yang berkembang biak dengan tunas contohnya pohon pisang, bambu, dan cocor bebek. Perkembangbiakan buatan adalah proses perkembangbiakan tumbuhan dengan bantuan manusia.Salah satu contoh perkembangbiakan tumbuhan dengan bantuan manusia adalah pencangkokan.

Selain cara berkembang biak yang berbeda-beda, tumbuhan juga memiliki bentuk dan warna daun yang berbeda-beda. Mari kita mengenal berbagai tumbuhan dan cara berkembang biaknya. Caranya dengan membuat buku yang berisi berbagai macam daun di sekitar.
macam - macam daun
macam - macam daun
Langkah-langkah berikut untuk membuat kerajinan mozaik.
1. Ambillah beberapa helai daun kering.
2. Robek daun kering menggunakan tangan atau  gunting
3. Tempelkan potongan daun tersebut pada gambar berikut ini

Biji merupakan salah satu bagian tumbuhan. Biji tanaman berbeda–beda bentuk dan warnanya. Biji-bijian yang sangat indah dapat dimanfaatkan untuk membuat karya kerajinan mozaik. Berbagai jenis daun dan biji adalah ciptaan Tuhan yang harus kita syukuri. 

Udin dan kawan-kawan akan membuat mozaik menggunakan biji-bjian. Pak guru memiliki 10 biji kacang merah yang akan dibagikan kepada dua kelompok dengan jumlah sama banyak. Berapa banyak biji kacang merah yang diterima setiap kelompok?

Tahapan penyelesaian.
1. Pindahkan 2 biji kacang merah. Letakkan masing- masing biji pada dua tempat yang sudah disiapkan. 

Kejadian di atas ditulis dalam kalimat matematika berikut. 10 – 2 = 8

Tersisa ada 8  biji kacang merah.

2. Pindahkan dua biji kacang merah, masing-masing  satu biji pada setiap tempat.  Kejadian di atas ditulis: 8 - 2 = 6 Tersisa ada 6  biji kacang merah.

3. Lakukan terus sampai biji dalam toples habis.
4. Ada lima biji kacang merah di masing-masing  tempat. 


Kejadian seperti dalam gambar di atas dituliskan 10 - 2 - 2 - 2 - 2 - 2 = 0.  Pengurangan berulang sampai tidak ada yang  tersisa disebut juga dengan istilah pembagian. Maka, proses di atas dapat ditulis dalam bentuk pembagian seperti berikut. 
10 : 2 = 5.

Misalnya   52 : 2   



Kemudian bagi satuan dengan 2, diperoleh 12 : 2 = 6 satuan
Jadi, hasil 52 : 2 = 26.

Halaman 152 -153
  1. Sebuah perkebunan memberikan 126 bibit pohon  mangga untuk Udin dan 5 orang temannya. Pemilik perkebunan ingin memberikan bibit kepada 6 anak sama banyak. Berapa bibit pohon yang diterima oleh setiap anak?  126 : 6 = ...
  2. Siti membagi 153 biji salak kepada tiga orang temannya.  Setiap anak mendapat biji salak  sama banyak. Berapa banyak biji yang diterima  setiap anak? 153 : 3 = ...
Jawaban halaman 152-153



2 comments:

Ritsus said...

Solusi pembelajaran yang sangat membantu karena disertakan bagaimana cara pengerjaannya. Terimakasih Pak Sangàt bermanfaat 🙏🏻

Unknown said...

Gambarnya gqk ada ya..soalnya ditanyain gambarnya juga