Sunday, 13 September 2020

TANYA JAWAB SEPUTAR VERVAL PONSEL PESERTA DIDIK DAN PENDIDIK

RINTOKUSMIRAN.COM-Tanya jawab seputar verval ponsel peserta didik dan pendidik.  Beberapa catatan meeting sosialisasi verval ponsel  peserta didik dan pendidik dengan  pusdatin pada tanggal 12 September 2020 yang diikuti Kepala LPMP/Dinas Pendidkan propinsi/kabupaten dalam wilayah  Propinsi Jambi, bengkulu, Riau, Kepulauan Riau, Bangka belitung, Sumatera Selatan, Lampung dan bengkulu :
TANYA JAWAB SEPUTAR VERVAL PONSEL PESERTA DIDIK DAN PENDIDIK
TANYA JAWAB SEPUTAR VERVAL PONSEL PESERTA DIDIK DAN PENDIDIK 

Berikut ini adalah rangkuman tanya jawab seputar verval ponsel pendidik dan peserta didik pada kegiatan sosialisasi dengan pusdatin pada tanggal 12 September 2020:
1. Setelah tanggal 11 September 2020 dimanakah  perbaikan data ponsel peserta didik dan pendidik 
Jawaban : Perbaikan data hanya melalui web vervalponsel. Pengisian data ponsel di dapodik bisa dilakukan sampai dengan tanggal 11 September 2020 , jika melebihi tanggal tersebut maka hanya bisa diperbaiki di verval ponsel sampai tanggal 15 September 2020. Untuk tahapan 1 atau 2, Sampai saat ini masih mengacu bahwa data harus sudah masuk pada Tahap 1 tgl 15 September 2020, dan belum ada konfirmasi tentang perpanjangan masa waktu penginputan.
2. Berapa kali satuan pendidikan melakukan cetak dan upload SPTJM:
Jawaban: Satuan pendidikan diperbolehkan mencetak dan upload SPTJM beberapa kali (lebih dari 1 kali).

3. Apa tujuannya  satuan pendidikan diperbolehkan melakukan verval dan upload SPTJM berkali-kali?
Jawaban:  tujuannya adalah satuan pendidikan diperbolehkan melakukan verval dan upload SPTJM berkali-kali  guna mengurangi penumpukan dan mengurangi beban kerja server dan provider untuk krosscek data.

4. Mengapa Menu SPTJM belum aktif?
Jawaban : berarti belum ada Data balikan yg telah dikrosscek dari Provider.

5. Muncul keterangan nomor tidak aktif padahal aktif, 
Jawaban: Pastikan bahwa nomor tsb tidak pada masa tenggang atau tgl 15/09 tidak pada masa tenggang.

6. Jika ada data siswa tidak masuk ke vervalponsel?
Jawaban: pastikan siswa tersebut Unik (ber NISN, tidak ganda, tidak pada residu vervalPD),> perbaiki data siswa tersebut pada vervalpd yang secara real-time akan masuk ke vervalPonsel.

7. Siswa sudah terverifikasi semua padahal belum di verval Operator?
Jawab: karena awalnya pusdatin mengirim data pada provider dan provider langsung memvalidasi data tsb aktif dan valid, > Logika aplikasi akan di optimalisasi sehingga bisa di verval lagi oleh operator.

8. Apakah setelah cetak SPTJM data nomor ponsel dapat diubah lagi:
Jawaban: Setalah satuan pendidikan cetak SPTJM data nomor ponsel sudah tidak bisa dirubah lagi. Mengenai SPTJM, jika data tersebut belum diajukan SPTJM maka data tersebut  masih bisa  diperbaiki. Untuk data yang valid bisa diajukan SPTJM. SPTJM di tandatangani oleh kepala sekolah dan dibubuhi materai 6000. Data ponsel yang sudah disampaikan di SPTJM sudah dikunci dan sudah tidak bisa diperbaiki. Jika ada kesalahan maka sepenuhnya adalah tanggungan sekolah. SPTJM bisa dilakukan bergelombang. Data  yang sudah valid sudah bisa diusulkan SPTJM tanpa harus menunggu data guru dan siswa seluruhnya valid

9. Mengapa perlu vervalPonsel?
Jawaban: Pusdatin memiliki tugas pokok dan fungsi sebagai Wali Data, yang berwenang mengalirkan data ke pihak luar yang berkepentingan seperti kemensos/PIP, Kemendagri/NIK, KPK, dan Provider perlu memverifikasi dan memvalidasi kebenaran Data.

10. Apa yang dilakukan oleh pusdatin berkaitan dengan kesiapan server vervalponsel?
Jawaban: Pusdatin selalu berupaya dan senantiasa dilakukan agar server vervalPonsel dapat diakses dengan lancar.

11. Mengapa Tenaga pendidik tidak mendapatkan Program pemberian kuota ?
Jawaban: Program pemberian kuota fokusnya adalah untuk membantu Pembelajaran Daring (PJJ), yang mana melibatkan Guru/dosen dan Siswa. untuk OPS sedang dilakukan negoisasi agar mendapatkan bantuan program kuota internet.Bantuan kuota internet diberikan kepada jenjang  SD,SMP, SMA,SMK, dan PKBM yang menyelenggarakan Paket A,B,C setara SD/SMP/SMA/SMK 

12. Jika ada kasus data dari Dapodik belum ada yg masuk ke vervalPonsel?
 Jawaban: bisa kontak tim dr Pusdatin dengan menyertakan nomor NPSN (cek kontak Helpdesk pada akun sdm.data.kemdikbud.go.id)

13. Berapakah ukuran file SPTJM yang akan diupload di laman verval ponsel?
Jawaban: ukuran file SPTJM yang akan diupload di laman verval ponsel adalah tidak melebihi 1 MB

14. Apa  Jenis file SPTJM yang akan diupload di laman verval ponsel ?
Jawaban: Jenis file SPTJM yang akan diupload di laman verval ponsel berupa PDF

15. Bolehkah 1 nomor digunakan lebih dari peserta didik?
Jawaban: Boleh bila dalam keluarga tersebut benar-benar memiliki 1 buah nomor ponsel dan anak tersebut memang betul-betul sekolah (Orangtuanya/walinya orang yang sama).

16. Apa itu Verval ponsel?
Jawaban: program yang diberikan kemendikbud untuk membantu guru dan peserta didik mendapat bantuan kuota untuk proses pembelajaran jarak jauh selama masa pandemi covid 19

17.Pihak mana saja yang bisa mengakses Aplikasi verval ponsel?
Jawaban : Aplikasi vervalponsel hanya bisa diakses oleh sekolah , pusdatin dan provider . Dinas pendidikan tidak melakukan aproving atau persetujuan. Jadi seluruh pengisian menjadi tanggung jawab pihak sekolah , Dinas pendidikan hanya bisa melihat progres pengisian data sekolah, tanpa melakukan intervensi apapun.

18. Nama Provider yang bekerjasama dengan Kemendikbud?
Jawaban: Ada 6 provider yang sudah yaitu Telkomsel, Indosat, XL, Smart Fren, Axis dan Tri . Untuk provider yang membagi-bagikan kartu perdana, Kemendikbud ataupun Dinas Pendidikan menyerahkan semuanya ke sekolah dan orang tua, apakah digunakan atau tidak, tidak ada keharusan atau paksaan menggunakan salah satu provider. 

19. Apa yang harus dilakukan berkaitan dengan residu Provider?
Jawaban: Residu Provider adalah residu nomor ponsel yang sudah diverifikasi oleh provider tetapi data nomor tersebut tidak ditemukan atau tidak aktif menurut provider. Solusi nya adalah mengganti nomor ponsel tersebut. Termasuk juga nomor ponsel yang kosong harus diisi ulang di verval ponsel karena diindikasikan nomor tersebut tidak valid.

20. Mengapa terjadi Selisih jumlah siswa antara di dapodik?
Jawaban:penyebabnya adalah  NISN invalid ataupun NISN  kosong, untuk perbaikannya dicek  di vervalPD.

21. Siswa yang mendapat bantuan?
Jawaban siswa dengan NISN VALID. Untuk siswa dengan NISN GANDA atau belum mempunyai NISN, maka tidak mendapat bantuan. 

22. Pendidik/Guru yang mendapat bantuan?
Jawaban: Guru yang sudah mengajar di sekolah induk, masuk rombel dan aktif di pembelajaran. Jika belum sesuai, pastikan sudah diinduk dan mengisi pembelajaran. 

23. Permasalahan NISN Ganda solusinya : 

  • Lihat profil peserta didiknya lewat verval PD 
  • Pilih tab quality control 
  • Cek status NISN, didalam status sudah terlihat siswa tersebut ganda dengan siapa 
  • Jika ganda dengan orang yang sama maka wajib dikeluarkan untuk record siswa yang memang siswa tersebut sudah tidak berada disana
  • Jika ganda dengan madrasah silahkan koordinasi ke operator kanwil kemenag di masing-masing daerah 
  • Jika ganda antar daerah bisa berkoordinasi dengan Operator Dinas daerah terkait 
  • Jika ganda berbeda orang, pastikan mana siswa yang memang memiliki NISN tersebut, untuk siswa yang satunya bisa dicek apakah siswa tersebut sebelumnya memiliki NISN atau belum, jika belum maka akan diterbitkan NISN baru
  • Jika ganda dengan siswa tidak aktif, maka akan dilakukan merger
  • Untuk siswa yang belum memiliki NISN, maka pastikan pengisian data siswa sudah benar, yaitu nama, tempat ,tanggal lahir, dan nama ibu kandung sudah sesuai dengan dokumen data di Dukcapil. 
  • Data perbaikan NISN yang sudah benar di verval pd akan mengalir ke verval ponsel dalam waktu 1X24 jam
Semoga informasi berkaitan dengan tanya jawab seputar verval ponsel pendidik dan peserta didik pada kegiatan sosialisasi dengan pusdatin pada tanggal 12 September 2020 dapat memberikan manfaat bagi kita semua.

4 comments:

sister shop said...
This comment has been removed by the author.
sister shop said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

pak bagaimana klo nomor pendidik yg masuk daftar SPTJM masih salah, apakah tetap harus cetak SPTJM atau nanti setelah nomor ponsel yg besangkutan benar

Noname said...

Apabila salah upload sptjm apakah sptjm bisa diganti atau diupload ulang?