Thursday, 14 January 2021

MATERI DAN KUNCI JAWABAN BUKU SISWA KELAS 3 SD TEMA 5 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 2

Materi dan kunci jawaban buku siswa kelas 3 SD tema 5 Subtema 2 Pembelajaran 2. pada pembelajaan 2 masih mempelajari tentang Cuaca dapat berubah-ubah dalam sehari maupun dalam waktu tertentu. Lani dan teman-teman mengamati keadaan langit. Sejak pagi, cuaca di sekolah terlihat mendung. Tanda akan turun hujan.  Dari kejauhan, tampak sebuah pesawat melintas dan memasuki awan yang berwarna gelap. Cuaca masih mendung saat istirahat tiba. 

MATERI DAN KUNCI JAWABAN BUKU SISWA KELAS 3 SD TEMA 5 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 2
MATERI DAN KUNCI JAWABAN BUKU SISWA KELAS 3 SD TEMA 5 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 2



Lani, Siti, dan Dayu bermain lompat tali. Edo,  Beni, dan Udin bermain kelereng. Teman yang lain sedang membaca buku atau bermain bekel. Saat sedang asyik beristirahat, tiba-tiba hujan pun turun. Mula-mula, hujan turun rintik-rintik, lama- kelamaan makin deras. Mereka pun bergegas merapikan semua alat permainan. Mereka bersatu untuk saling membantu merapikan mainan.  Mereka lalu masuk ke dalam kelas. Bagaiman caranya agar mereka dapat beraktivitas di dalam kelas dengan leluasa?  

Mereka bersatu saling membantu menggeser meja dan kursi ke sisi ruangan.  Kini, ruang kelas terlihat lebih lapang. Mereka dapat melanjutkan aktivitas bermain dengan nyaman.  Lani dan teman-teman melakukan aktivitas bermain yang berbeda-beda.

Ketika hujan turun, mereka bersama-sama merapikan semua mainan. Mereka melakukan itu untuk kepentingan bersama. Tidak ada yang mengeluh saat saling membantu. Mengapa Lani dan teman-teman saling  membantu? Mengapa sikap saling membantu itu penting? Apakah manfaat dari sikap tersebut? Diskusikan manfaat dari sikap Lani dan teman-teman. Tuliskan hasil diskusimu pada kolom yang tersedia.

Halaman 63

No. Sikap bersatu                              Manfaat

1. Merapikan mainan bersama           Pekerjaan merapikan mainan menjad lebih ringan dan                                                                cepat selesai.

2. Menggeser meja dan kursi              ......................................

Jawaban Halaman 63

Kelas menjadi lebih rapi.


Itulah pentingnya sikap bersatu dalam  keberagaman. Manfaatnya banyak untuk kepentingan bersama.Usai bermain, mereka berkumpul di tengah ruang kelas.  Mereka membicarakan perubahan cuaca yang baru saja terjadi. Apakah kalian masih ingat  kejadian saat istirahat tadi?

Iya, saya ingat. Saat cuaca  mendung, kita bermain di koridor  kelas.

Berarti cuaca memengaruhi  kehidupan kita, ya.

Betul. Lalu, saat hujan turun, kita pindah tempat. Kita harus segera masuk ke dalam  ruangan.

Ternyata, cuaca memengaruhi kegiatan  kita, ya.

Cuaca dan Kehidupan Manusia

Saat cuaca cerah, kamu dapat membantu ibu menjemur pakaian basah. Matahari yang panas akan mengeringkan pakaian basah. Begitu pula dengan perajin kerupuk. Saat cuaca cerah, mereka dapat menjemur kerupuk hingga kering. Kerupuk pun siap digoreng.

Saat cuaca berawan, kamu akan nyaman bermain di lapangan bersama teman-teman. Kamu dapat bermain layangan, sepeda, dan sepak bola.

Saat cuaca mendung, kamu dapat mengajak temanmu bermain di teras rumah. Jika hujan, bantulah ibu mengangkat jemuran. Hujan membuat petani senang karena sawah tidak akan kering. 

Saat hujan deras terus-menerus, kita harus waspada. Jika saluran air tersumbat, banjir dapat melanda lingkungan rumah kita. Oleh karena itu, jagalah kebersihan lingkungan agar lingkungan kita menjadi nyaman.

Halaman 67

Bacalah teks “Cuaca dan Kehidupan Manusia” sekali lagi! Tuliskan informasi tentang kegiatan manusia berdasarkan teks bacaan tersebut!

kegiatan manusia berdasarkan teks bacaan
 kegiatan manusia berdasarkan teks bacaan 
Jawaban halaman 67

No   Cuaca                Kegiatan

1.     Cerah                a.  Menjemur pakaian

                                  b. Menjemur Kerupuk

2.     Berawan            a. Bermain Sepak bola,

                                  b. Bermain Sepeda

                                  c. Bermain Layangan

3.    Mendung            a. Bermain di teras rumah

4.    Hujan                  a. Mengangkatan jemuran

                              

No comments: