Tuesday, 6 April 2021

KISI -KISI DAN CONTOH SOAL UJIAN SEKOLAH SD TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Kisi-kisi soal memiliki peranan yang sangat penting. Mengapa kisi-kisi soal dianggap penting? Beberapa alasan kisi - kisi soal  menjadi hal yang sangat penting adalah kisi-kisi merupakan pedoman dalam penyusunan kartu soal, naskah soal. Terutama anda yang mendapat tugas menyusun soal ujian sekolah adanya kisi-kisi soal sangat membantu tim master soal dalam menjalankan tugas menyusun soal.

Bagaimana dengan kisi-kisi soal ujian sekolah pada jenjang sekolah dasar pada tahun pelajaran 2020/2021, seperti apa bentuk kisi-kisi soal ujian sekolah SD tahun pelajaran 2020/2021? Sejumlah pertanyaan tersebut sering muncul bagi anda terutama guru kelas pada tingkat akhir jenjang sekolah dasar. Ujian sekolah yang akan dilaksanakan memerlukan naskah soal yang tidak bisa dilepaskan dari kisi-kisi soal itu sendiri.

Kisi-kisi soal  dan contoh soal ujian sekolah dasar tahun pelajaran 2020/2021 ini dapat anda jadikan referensi dalam anda menyusun soal ujian sekolah. Selain daripada itu kisi-kisi juga bermanfaat bagi peserta didik yang menjadi peserta ujian. karena kisi-kisi soal akan membatasi materi yang akan dipelajari oleh peserta didik dalam rangka persiapan ujian sekolah.

Kisi-kisi soal berbentuk tabel yang berisi informasi antara lain sebagai berikut:

  1. Nomor urut pada kolom
  2. Kompetensi Dasar
  3. Kelas
  4. Materi
  5. Indikator soal
  6. level kognitif
  7. Nomor soal
  8. Bentuk soal
  9. Keterangan
Informasi-informasi yang muncul dalam tabel tersebut merupakan petunjuk dalam pembuatan soal ujian sekolah. 

Bentuk soal pada ujian sekolah jenjang sekolah dasar pada tahun pelajaran 2020/2021 ini adalah pilihan ganda dengan jumlah 40 soal untuk mata pelajaran matematikan dan Ilmu pengetahuan alam (IPA). sedangkan untuk mata pelajaran lainnya seperti bahasa Indonesia, PKN, IPS, SBDP, Pendidikan Agama dan PJOK dengan jumlah butir soal sebanyak 50 butir soal.



No comments: