Saturday, 18 December 2021

Anda Gagal Tes PPPK Tahap 1 Dan 2 Tahun 2021, Inilah Tips Dan Stateginya Agar Lulus Tahap 3

Rintokusmiran.com | Anda Gagal Tes PPPK  Tahap 1 Dan 2 Tahun 2021, Inilah Tips Dan Stateginya Agar Lulus Tahap 3 - Informasi kelulusan peserta tes PPPK guru sudah ada dan dapat diakses oleh peserta Tes PPPK guru tahun 2021. 

Hasilnya ada peserta yang lulus  dan mengisi formasi , mencapai PG tidak mengisi formasi , ada peserta yang di bawah PG. Mimin ucapkan selamat bagi anda peserta yang dinyatakan lulus dan mengisi formasi. 

Sebuah kebanggan tersendiri bila anda lulus dan mengisi formasi, itu semua atas kehendah Tuhan  Yang Maha Esa, sebagai manusia sudah selayaknya berusaha dan berdo'a. 

Anda Gagal Tes PPPK  Tahap 1 Dan 2 Tahun 2021, Inilah Tips Dan Stateginya Agar Lulus Tahap 3
Anda Gagal Tes PPPK  Tahap 1 Dan 2 Tahun 2021, Inilah Tips Dan Stateginya Agar Lulus Tahap 3 

Lalu bagaimana yang mencapai PG tidak mengisi formasi dan yang tidak mencapai PG? Anda tidak perlu kuatir atau risau ya. 

Segeralah bangkit dari kegagalan, jangan terlalu bersedih atau menyalahkan diri sendiri atau orang lain. Dengan anda menyalahkan diri sendiri dan orang lain tentunya tidak akan merubah status ketidak lulusan anda.

Hindarilah sifat iri dan dengki dengan keberhasilan orang lain karena sifat tersebut kurang baik dan akan menurunkan peformasi dan kinerja otak anda pada saat anda belajar dan menyusun strategi untuk sebuah kesuksesan.

Berikut ini adalah sebuah Tips Dan Stateginya Agar Lulus Tahap 3  untuk mewujudkan mimpi anda menjadi ASN PPPK guru tahun 2021.

1. Evaluasi Kegagalan Anda

Bagaimana cara mengevaluasi kegagalan anda? Banyak penyebab kegagalan yang perlu anda ketahui antara lain sebagai berikut:

  • Melakukan segala sesuatu tidak dengan ikhlas.
  • Tidak fokus dalam melakukan segala sesuatu
  • Adanya hubungan yang kurang harmonis baik di lingkungan keluarga, rekan kerja, masyarakat dan lain-lain
  • Salah dalam menyusun strategi dalam mencapai target.
Bila anda dalam kondisi di atas solusinya adalah sebagai berikut:

Bila anda tidak ikhlas dalam melakukan sesuatu, maka anda perlu ikhlas dalam menjalaninya

Dalam kondisi tidak fokus, maka anda perlu melatih fokus anda dengan sesekali anda belajar ditengah keramaian atau tempat umum, misalnya taman kota, cafe atau tempat lain yang menjadi favorit anda.

Hubungan yang kurang baik dalam komunikasi baik di keluarga, teman kerja dan masyarakat perlu anda perbaiki dengan cari menjalin komunikasi yang baik. Bila perlu anda bisa meminta maaf, atau duduk bersama saling bercerita untuk mencari solusi terbaik. Bila anda sudah terjalin dengan baik maka akan memiliki manfaat untuk mengurangi beban pikiran anda. 

Gunakan target maksimal atau sempurna, contohnya bila anda mau lulus PPPK maka target anda adalah mencapai skor 500 untuk teknis, menejerial dan sosiokuturan skornya 200 dan wawancara skornya adalah 40. Bila anda mematoh target tinggi bila tidak tercapai anda masih dalam kondisi aman.

Yang tidak kalah pentingnya adalah anda harus mengenali bagian materi PPPK yang anda anggap sulit. Perlu ditingkatkan lagi belajarnya baik dari segi penguasaan materi maupun tips cepat penyelesaian soal pada materi tersebut.

2. Petakan Materi dengan tepat

Secara umum materi PPPK adalah sama dalam setiap tahapnya, namun anda perlu memperluas pemahaman anda dengan banyak-banyak membaca paling tidak dalam 1 hari diperlukan waktu 2 jam.

Yang tidak kalah pentingnya adalah anda harus mengenali bagian materi PPPK yang anda anggap sulit. Perlu ditingkatkan lagi belajarnya baik dari segi penguasaan materi maupun tips cepat penyelesaian soal pada materi tersebut.

3 Atur Waktu Belajar 

Mengatur waktu belajar sangat menentukan keberhasilan anda. Bila anda seorang Ibu Guru maka anda juga sudah tahu bahwa anda memiliki kegiatan yang sangat banyak, mulai rutinitas mengajar, membimbing anak dalam keluarga dan waktu untuk belajar. 

Maka anda harus mengatur waktu dengan baik. Kapan saya mengajar, kapan waktu untuk keluarga dan kapan waktu saya untuk belajar.

Artinya anda perlu disiplin dalam penggunaan dan pengaturan waktu anda.


4. Lakukan Analisis terhadap Hal yang anda pelajari

Anda dapat menganalisis terhadap materi yang anda pelajari dengan membuat konsep seperti ini. Bila anda mempelajari materi 3 x 2 = 6, maka anda harus mengetahui dengan jelas bahwa hubungan ketiganya misalnya 3= 6: 2 dan 2= 6:3.

Kesimpulanya adalah adanya hubungan sebab akibat pada konsep dan pemecahan masalah.


5. Cerdas dalam memilih formasi

Diperlukan analisis yang tepat dalam memilih formasi. Gunakan data kelulusan berupa file pdf untuk melakukan analisis kemana anda harus mendaftar PPPK Guru. Pastikan anda mengetahui berapa jumlah peserta yang memiliki serdik karena itu rival terberat anda. Bila perlu anda membuat grup yang berisi peserta PPPK tahap 3 hal ini bertujuan untuk membantu anda berkaitan dengan siapa saja yang melamar ke instansi tersebut.

Tanamankan pada diri anda bahwa saya yakin memilih formasi tersebut walaupun itu akan membuat anda jauh dari tempat tinggal, keluarga , anak, istri atau suami. Yang terpenting saling memahami.

Ketulusan anda dalam niat mencerdaskan anak bangsa dapat dijadikan sebagai cambuk pelecut semangat anda.

6. Tanamkan dalam diri Anda bahwa anda adalah petarung hebat.

Bila anda akan mempunyai mimpi menjadi ASN PPPK Guru Tahun 2021, Maka anda harus menanamkan pada diri anda bahwa saya memang layah menjadi ASN PPPK Guru. Saya harus lebih dan lebih giat dan keras lagi dalam belajar. 

Tidak peduli walaupun rival anda memiliki serdik karena ini adalah pertarungan dalam sebuah kompetisi. Saya harus bisa. Saya harus bisa.Saya harus bisa.


7. Meminta Dukungan Orang-orang Tercinta di sekitar Kita

Bapak Ibu Guru hebat semua senantiasa hidup dengan didampingi oleh orang-orang hebat yang anda cintai. Tidak ada salahnya anda meminta dukungan terhadap orang-orang yang anda cintai. Do'a orang-orang yang anda cintai akan menjadi senjata ampuh bagi anda dalam mengarungi kompetisi ASN PPPK guru ini.

Mintalah do'a restu pada orangtua, mertua bahkan suami/istri anda. Untuk orangtua dan mertua silahkan cium kakinya dan meminta ridhonya.

Bila orangtua dan mertua telah tiada silahkan anda kirimkan do'a dalam setiap peribadatan anda. Ini bertujuan untuk menimbulkan rasa tenang pada saat anda ujian.

8. Ciptakan lingkungan Positif

Lingkungan positif akan memberikan efek luarbiasa bagi anda menjelang seleksi PPPK Guru Tahun 2021 tahap 3 ini. 

8. Berserah Dirilah

Bila anda sudah berusaha keras, berdo'a dengan bersungguh-sungguh langkah selanjutnya adalah Berserah Diri Kepada Allah SWT. Berserah diri adalah cara terbaik kita dalam menerima hasil seleksi PPPK Guru Tahun 2021.

Apapun hasilnya bila ada garis tangan untuk menjadi ASN PPPK guru Tahun 2021 tidak ada yang bisa menghalang-halangi.

Semoga coretan sederhana ini berkaitan dengan Anda Gagal Tes PPPK  Tahap 1 Dan 2 Tahun 2021, Inilah Tips Dan Stateginya Agar Lulus Tahap 3 dapat memberikan sedikit motivasi dan memberikan manfaat bagi anda.

Selamat berjuang buat sobat peserta seleksi ASN PPPK Guru tahun 2021 Tahap 3.

15 comments:

Unknown said...

Terima kasih pak, semoga Allah SWT membalas kebaikan bapak.

Unknown said...

Terimakasih pak atas motivasinya, semoga selalu diberikan kesehatan Aamiin YRA 🤲

Unknown said...

Terima kasih pak motivasinya, semoga semuaksemua bok dibalas kebaikan yg lebih oleh Allah SWT baik dunia dan akhirat. Aamiin..🤲

Unknown said...

Terima kasih banyak pak rinto atas motivasi bagi kami guru honorer amin semoga mimpi dapat diraih jd ASN

Unknown said...

Terimakasih pak atas motivasinya 🙏

Budi Hartomo,S.Pd said...

Terimakasih Pak atas supportnya

Budi Hartomo,S.Pd said...

Thanks for your support

Unknown said...

Terimakasih pak.. ,, 😊👍

Unknown said...

terima kasih pak wejangannya

Unknown said...

Terimakasih🙏... Semoga di tahap 3 ini.. Allah memberikan kesempatan kita utk menjadi ASN PPPK... Aamiin🤲

Hadi Sutrisno said...

Terima kasih bapak

Unknown said...

Makasih pak atas supportnya

Dedy Irawan said...

Oke pak

Unknown said...

Mkasih Pak atas motivasi ny. Smga di thap 3 Saya Lulus dan mngisi Formasi. Amin...

Unknown said...

Terimakasih info dan tipsnya Pak..